Nindya Praja IPDN di Desa Tegalsari Timur

PEMALANG, tegalsaritimur.desakupemalang.id – Senin (01/04), merupakan hari kerja pertama Nindya Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kelompok 12 di Kantor Desa Tegalsari Timur Kecamatan Ampelgading. Di hari efektif pertama bekerja ini, Perangkat Desa Tegalsari Timur menyambut kedatangan Praja dan Pembimbing Teknis (bingnis) dalam rangka Praktek Lapangan dengan melaksanakan Ramah Tamah. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan saling memperkenalkan secara personal Praja yang berketempatan di Desa Tegalsari Timur dengan Perangkat Desa.

Di samping perkenalan antara Nindya Praja IPDN dengan perangkat desa, ramah tamah ini juga bertujuan untuk memperkenalkan program kerja yang akan dilaksanakan selama kegiatan praktek lapangan oleh Nindya Praja Kelompok 12 yang dibimbing secara teknis oleh Rizki Akbar, S.STP ini, kepada para perangkat desa.

Berdasarkan arahan dari Kepala Satuan Pelatihan Kabupaten (Kasatlatkab), Irfan Uluputty, S.STP, M.Si yang dalam hal ini sebagai koordinator pelaksanaan PL III di Kabupaten Pemalang, terdapat 7 program kerja yang hendak dilaksanakan oleh Nindya Praja di Desa Tegalsari Timur:

  1. Penataan Perangkat Desa (Pasca Pilkades);
  2. Penguatan Kinerja Pemerintahan Desa (Pemdes);
  3. Peningkatan Disiplin Perangkat Desa;
  4. Penataan Aset Desa;
  5. Pendampingan Pemanfaatan IT Pemdes;
  6. Pendampingan Pengelolaan BUMDes;
  7. Bakti Sosial Praja.

“Kedatangan Kami (Nindya Praja IPDN beserta Bingnis) ke Desa Tegalsari Timur ini tentu tidak hanya membawa tangan kosong saja, melainkan ada 7 Program yang diamanahkan Lembaga (IPDN) untuk bisa dikerjakan secara koordinatif dengan para perangkat desa.” — Rizki Akbar, S.STP (Bingnis Nindya Praja Kelompok 12)

Diharapkan dengan adanya program yang dibawa oleh Nindya Praja PL III ini dapat membantu pengembangan penyelenggaraan kinerja pemerintahan desa dan juga dapat bersinergi dengan program-program desa yang telah berjalan.

“Besar harapan kami (para perangkat desa) untuk dapat didampingi dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa. Adapun dalam pelaksanaan program yang masih ataupun telah berjalan, kami pun berharap untuk dapat dibantu oleh para adek-adek Praja sekalian agar bisa diberikan sentuhan ‘inovasi’ dalam pengembangannya.” — Daryono, Sekdes Tegalsari Timur 

Selain itu, Skretaris Desa Tegalsari TimurDaryono, juga menambahkan bahwa di antara beberapa program desa yang dapat ‘disentuh’ oleh Nindya Praja IPDN yaitu: Penyusunan Monografi Dusun, Pengembangan Konten Website Desa, Pendampingan Pengaplikasian SIDEKEM & SISKEUDES, serta dalam mendampingi Perumusan RPJMDes.

Ramah Tamah Perangkat Desa Tegalsari Timur dengan Praja IPDN di Balai Desa

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *